Contoh Surat Pengunduran Diri

Posted on

Contoh Surat Pengunduran Diri – Surat pengunduran diri dari pekerjaan, tugas, bagian dalam instansi biasanya di ajukan oleh seseorang kepada perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya di karenakan banyaknya alas bisa disebabkan ketidak nyamanan, kurang nya perhatian atau kebijakan dari pimpinan terhadap karyawan-karyawan nya, atau bisa juga karena akan pindah tempat tinggal sehingga tidak mungkin jika berkerja di perusahaan yang jauh dari tempat tinggalnya yang baru.

Tapi selain alasan-alasan tadi, masih banyak alasan yang hanya diketahui oleh orang mengundurkan diri dari jabatan/pekerjaannya itu sendiri, meskipun demikian selaku orang yang mengundurkan diri, harus tetap menjaga etika, sopan santun dalam pembuatan surat pengunduran diri yang nantinyaakan di ajukan kepada pihak perusahaan.

Nah, maka berikut ini akan kami berikan beberapa contoh mengenai Surat Pengunduran Diri Resmi dan Formal Yang Baik dan Benar. Simak contoh berikut ini :

Contoh Surat Pengunduran Diri
Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

# Contoh 1

Jakarta, 19 November 2019

Kepada
Yth. Kepala PT. Makmur Sentosa
Jln. Jenderal Ahmad Yani, no 11 Jakarta

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya selaku karyawan PT. Makmur Sentosa berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama tentang karyawan dan undang-undang kerja. Saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama : Angga Murjana
Departemen : Informasi dan Pemasaran
Jabatan : Sales
No. Karyawan : B121 1234

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Makmur Sentosa dengan alasan ingin fokus membangun bisnis. Surat ini saya buat dan sampaikan berdasarkan prosedur industrial tanpa ada maksud buruk atau lainnya.

Saya berharap Bapak/Ibu kebijaksanaan nya agar dapat mengerti dan menerima permohonan saya ini, dan juga bisa memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan dan keputusan yang berlaku.

Demikian surat ini saya buat dengan penuh kesadaran baik jasmani dan rohani, atas dukungan, bantuan, kerja sama yang Bapak/Ibu berikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Angga Murjana

Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Direktur

# Contoh 2

Bandung, 30 Mei 2019

Kepada Yth.

Direksi PT. Subindo

di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama                          : Angga Toraja
Tempat, tgl. lahir      : Nusa Tenggara Barat, 3 Maret 197
No. Pegawai              : D018
Jabatan                     : Chief Security Office
Bekerja sejak             : 1999

Bermaksud mengundurkan diri dari tugas sebagai Chief Security Officer ( PT. Subindo. Mengenai tugas dan tanggung jawab saya sebagai Chief Security Officer, sepenuhnya saya limpahkan kepada dewan direksi. Saya menyampaikan banyak-banyak terima kasih kepada segenap dewan direksi dan seluruh staf PT. Subindo.

Demikian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Angga Toraja

Contoh Surat Pengunduran Diri (Karyawan)

# Contoh 3

Surabaya, 03 Agustus 2019

Kepada
Yth. Pimpinan PT. Mandala
Surabaya

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dadang Ambarawa
Alamat : Jln. Konco Tresno No. 13 Surabaya
Jabatan : Sekretaris

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan sekaligus perusahaan Bapak/Ibu, terhitung pada tanggal 05 Agustus 2019.

Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih karena perusahaan Anda telah memberikan saya kesempatan untuk bekerja secara profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan pengajaran yang selama ini Anda berikan selama Saya bekerja di perusahaan Bapak/Ibu, baik secara langsung atau tidak langsung.

Saya juga meminta yang sebesar-besarnya karena tidak bisa lagi bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu. Saya berharap semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin semakin maju dan berkembang pesat.

Sekian surat pengunduran diri ini saya buat dan sampaikan dengan penuh kesadaran dan atas keinginan saya pribadi dan tidak ada paksaan dari pihak mana pun.

Hormat Saya,
(tanda tangan)

Dadang Ambarawa

Contoh Surat Pengunduran Diri (Organisasi)

# Contoh 4

Sebagai Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Bangsa Cerdas
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Zulfikar Sutomo
Jabatan di BEM : Departeman Informasi dan Kesekretaritan
Fakultas : Sastra Inggris
NIM : 234432
Alamat : Jln. Nin Dulu, Rt. 12, RW 3 No. 22, 2223. Bandar Lampung
Telp : 0821232425

Melalui surat ini saya mengajukan pengunduran diri dari tugas saya sebagai Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Mondar-Mandir dengan alasan kesehatan yang kian semakin menurun sehingga harus melakukan perawatan di luar kota dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Karena itu demi menjaga roda organisasi, posisi yang saya tinggalkan, saya limpahkan sepenuhnya kepada Ketua BEM. Saya memohon maaf jika selama bergabung di perusahaan ini saya banyak melakukan kesalahan-dan hal-hal yang kurang berkenan baik kepada atasan maupun sesama karyawan.

Surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sadar tanpa ada paksaan dan tekanan pihak mana pun. Harapan saya kepada Ketua BEM dan seluruh jajaran nya bisa memahami dan mengerti keadaan saya saat ini. Atas pengertian, kebijaksanaan, dan dukungannya, saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya

Yang menyatakan

*materai 6000

Zulfikar Sutomo

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Tempat Tinggal

# Contoh 5

Jawa Timur, 28 Agustus 2019

Kepada Yth.

Direktur PT. Berseri Jaya

di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama                           : Agung Gumelar

Tempat, tgl. lahir      : Bandar Lampung, 28 November 1994

Jabatan                       : Admin

Departemen              : Personalia

Bekerja sejak             : 2011

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Berseri Jaya. Saya mengundurkan diri dengan alasan karena akan pindah tempat tinggal ke Bandung, Jawa Barat.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap staf PT. Berseri Jaya atas kesemapatan yang pernah di berikan kepada untuk bekerja di perusahaan ini, dan terima kasih pula terhadap pengajaran dan pengalaman yang telah diberikan.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dan sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon.

Hormat saya,

Agung Gumelar

Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri. Baca juga Contoh Surat Lamaran Kerja. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.