Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Posted on

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia – Halo pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.majalahpendidikan.com yang dimana kali ini kami akan membahas tentang Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia yuk simak selengkapnya dengan uraian dibawah ini.

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Negara Indonesia memiliki corak budaya yang begitu banyak dan kaya, bayangkan saja ada berbagai macam suku, agama, serta kebiasaan yang ada pada Negara ini.

Tidak heran apabila masyarakat Indonesia itu dikenal sebagai suatu masyarakat yang multikultural atau mempunyai latar belakang budaya yang sangat beragam dan rasa persatuan serta kesatuan bangsa yang tak diboleh diremehkan.

Isu-isu yang SARA yang pada belakangan ini sangatlah marak yang terjadi serta bahkan dapat menggoyahkan persatuan serta kesatuan Bangsa. Maka dari itu lah kita harus bisa untuk menyikapi nya dengan bijak agar tak terjadi sebuah perpecahan didalam kesatuan serta persatuan Bangsa dan tak akan merugikan dari orang lain.

Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

prinsip persatuan dan kesatuan

Persatuan itu asal katanya dari satu yang bisa berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Jadi bisa diartikan persatuan yakni bersatunya bermacam-macam serta beraneka ragam kebudayaan yang menjadi satu dan utuh serta serasi. Kata Indonesia itu sendiri terdapat 2 pengertian, dari segi bangsa dan juga dari segi geografis.

Secara segi geografis, Negara Indonesia itu membentang 95 derajat sampai 141 derajat Bujur Timur serta 6 derajat Lintang Utara sampai 11 derajat Lintang Selatan atau dari sabang sampai merauke. Indonesia didalam artian luas yakni seluruh rakyat yang ada rasa satu nasib serta se-penanggungan yang sudah tinggal pada wilayah ini.

Persatuan Indonesia merupakan persatuan bangsa yang berada pada wilayah Republik Indonesia, didorong agar mencapai sebuah kehidupan yang bebas didalam negara yang tekah merdeka serta berdaulat.

Pembahasan yang mengenai persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia itu dimulai dari masa SMP atau sekolah menengah pertama.

Serta pada SMA atau sekolah menengah atas pula masih membahas soal dari pengertian, arti, makna, prinsip persatuan serta kesatuan dari Republik Indonesia.

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Ada 3 makna yang sangat penting didalam persatuan serta kesatuan Bangsa Indonesia, yakni sebagai berikut:

  • Menjalin sebuah rasa persahabatan, kekeluargaan, serta sikap tolong menolong diantara sesama, dan sikap nasionalisme.
  • Rasa persatuan serta kesatuan menjalin sebuah rasa kebersamaan serta saling melengkapi diantara satu dengan orang yang lainnya.
  • Menjalin suatu rasa kemanusiaan serta sikap saling toleransi dan rasa harmonis agar hidup selalu berdampingan.

Bisa kesimpulan bahwa dari makna sebuah persatuan serta kesatuan Bangsa Indonesia yakni harus saling bantu-membantu didalam mempertahankan, mengisi, serta merebut kemerdekaan.

Pada tahap yang utama pembinaan untuk persatuan Indonesia, yakni sebagai berikut:

  1. Memiliki perasaan yang senasib.
  2. Sumpah Pemuda
  3. Kebangkitan Nasional
  4. Proklamasi Kemerdekaan

Selesai sudah pembahasan kali ini semoga dibuatnya artikel ini bisa membantu kalian dan terima kasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya: