Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli – Halo pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.majalahpendidikan.com yang dimana kali ini kami akan membahas tentang Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli yuk simak selengkapnya dengan uraian dibawah ini.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Untuk kalian yang hobi mencatat soal keuangan seperti contohnya: uang belanja, uang jajan, uang spp, dan lain sebagainya Selamat!!!! Berarti kalian sudah tau tentang akuntansi? Tapi tunggu, kalian sekarang sudah tau belum pengertian dari akuntansi? belum tau, maka kalian haruslah menyimak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Akuntansi Secara Umum

pengertian akuntansi menurut para ahli beserta tahunnya

Akuntansi yakni proses pengidentifikasian, pencatatan, pengukuran, dan juga pelaporan informasi dari ekonomi keuangan yang fungsinya sebagai penilaian dan juga pengambilan keputusan agar pihak yang membutuhkannya.

Akuntansi itu asalnya dari bahasa Perancis yakni “compter” yang berarti menghitung

Akuntansi digunakan hampir segala aktivitas bisnis yang ada pada seluruh penjuru dunia agar mengambil keputusan sampai disebut sebagai suatu bahasa bisnis.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

pengertian akuntansi menurut para ahli dalam bukunya tahun 2017

1. Zaki Baridwan (2000)

Akuntasi yakni suatu aktivitas jasa yang fungsinya untuk memberikan bermacam-macam data yang sangat kuantitatif.

Khusunya data yang memiliki sifat keuangan, dari sebuah usaha ekonomi yang bisa digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan ekonomi yang memiliki alternatif pada sebuah keadaan.

2. Suparwoto L

Akuntasi yakni sebuah sistem ataupun teknik yang dipakai untuk mengukur dan juga mengelola suatu transaksi keuangan dan juga menyajikan hasilnya pada bentuk informasi kepada pihak-pihak eksternal dan internal sebuah perusahaan.

Pihak eksternal yang meliputi investor, pemerintah, kreditur, serikat buruh serta lain sebagainya.

3. S. Munawir (2005 )

Akuntansi yakni suatu seni pencatatan, penggolongan dan juga peringkasan pada kegiatan yang sifatnya keuangan menggunakan cara yang secepat-cepatnya dan juga petunjuk ataupun dinyatakan dengan uang, dan juga penafsiran pada hal-hal yang muncul darinya.

4. Menurut Soemarsono S.R tahun 2004

Akuntansi yakni sebuah proses pada mengidentifikasikan, mengukur serta melaporkan sebuah informasi ekonomi. Yang tujuannya memungkinkan adanya sebuah penilaian serta keputusan yang sangat jelas serta tegas bagi mereka yang mengginakan informasi itu.

5. Sofyan Harahap (2005)

Akuntansi yakni sebuah proses mengidentifikasikan, mengukur, dan juga menyampaikan sebuah informasi ekonomi sebagai suatu bahan informasi agar mempertimbangkan berbagai macam alternatif yang ada di dalam mengambil sebuah kesimpulan dari para pemakainya.

6. Littleton (Muhammad, 2002:10)

Akuntansi yakni perhitungan ataupun kalkuasi komparasi diantaranya biaya-biaya yang sudah ada sebagai sebuah usaha yang pencapaian hasil yang adalah sebuah usaha ataupun prestasi itu.

7. Abu Bakar A.

Akuntansi yakni sebuah prosedur yang mengakui, pencatatan dan juga korespondensi dari bursa keuangan suatu unsur ataupun organisasi.

Hal itu dapat berarti akuntansi yakni suatu sistem informasi yang dapat mengakui dan juga mencatat suatu transaksi keuangan serta selanjutnya itu disajikan pada bentuk laporan keuangan.

8. Mulyadi

Akuntansi mmepunyai fungsi sebagai sebuah alat mencatat dan juga menyajikan sebuah laporan keuangan yang berguna mempermudah manajemen pada mengelola sebuah perusahaan.

9. Menurut KEPUTUSAN MENTERI KEUANGAN RI

Akuntansi yakni suatu proses pengumpulan, penganalisaan, pencatatan, peringkasan, pengklasifikasian dan juga pelaporan transaksi pada keuangan dari suatu kesatuan ekonomi agar menyediakan sebuah informasi keuangan bagi para pemakai laporan yang gunanya pada pengambilan keputusan.

10. Rudianto

Akuntansi yakni sebuah sistem informasi yang bisa menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada berbagai pihak yang terkait pada yang berkepentingan dengan segala aktivitas ekonomi dan juga kondisi pada suatu badan usaha yang tertentu.

11. Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Akuntansi yakni sebuah proses pengukuran, pengindentifikasian, serta pengkomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan para pemakainya didalam membuat suatu keputusan.

12. ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen

Akuntansi yakni suatu kegiatan jasa yang sangat fadalah agar menyediakan informasi yang kuantitatif, khusunya yang mempunyai sifat pada pengambilan keputusan ekonomis pada memberikan sebuah keputusan dari berbagai pilihan yang sangat logis yang diantaranya berbagai sebuah tindakan yang alternatif.

13. Pengertian Akuntansi Menurut Ikatan Akuntan Amerika

Akuntansi yakni sebuah potongan, estimasi, serta pelaporan data suatu keuangan, yang dapat memungkinkan sebuah penilaian dan juga pilihan yang sangat jelas serta tegas agar individu yang dapat memanfaatkan data.

14. Henry Simamora (2005)

Akuntansi yakni sebuah proses pengukuran dari aktivitas ekonomi pada suatu entitas didalam satuan uang dan juga memberikan sebuah hasilnya kepada pihak yang terkait.

15. Paul Grady

Akuntansi yakni sebuah bagian dari sebuah ilmu pengetahuan dan juga berfungsi sebagai organisasi yang sistematis, autentik serta original didalam mencatat, memproses, mengklasifikasi, mengintepretasi, menciptakan ikhtisar, menganalisa dari semua transaksi serta peristiwa dan juga karakters keuangan yang sudah berlangsung didalam operasional entitas akuntansi yang tujuannya menyediakan sebuah informasi yang mempunyai arti diperlukannya sebuah manajemen sebagai sebuah laporan dan juga pertanggung jawaban diatas kepercayaan yang sudah diterimanya.

16. Menurut Financial Accounting Standars Board atau FASB

Akuntansi yakni aktivitas jasa yang mempunyai fungsi agar menyediakan sebuah informasi kuantitatif serta selanjutnya dipakai didalam pengambilan sebuah keputusan ekonomi.

17. Arnold

Akuntansi itu dianggap sebagai suatu sistem menyediakan sebuah informasi yang terutama keuangan kepada siapa saja yang sudah membuat sebuah keputusan serta pula mengendalikannya.

18. Warren dkk

Akuntansi pada umumnya yakni sebuah sistem informasi yang dapat menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada beberapa pihak yang juga ikut berkepentingan pada aktivitas ekonomi serta kondisi perusahaan.

19. Menurut American Institute of Certified Public Accountants atau AICPA

Akuntansi yakni sebuah seni pencatatan, peringkasan, penggolongan, yang juga susai dan juga dinyatakan pada satuan suatu mata uang, berbagai dari kegiatan transaksi dan juga kejadian yang setidaknya itu sifatnya finansial dan juga penafsiran dari hasil-hasilnya.

20. Dr. M. Gede

Akuntansi yakni suatu ilmu pengetahuan terapan yang sekaligus sebagai seni pencatatan yang dilakukan dengan terus menerus yang menurut aturan serta sistemnya, pengolahannya dan juga sebagai analisis catatan itu sehingganya dapat tersusun sebagai sebuah laporan keuangan yang sebagai sebuah pertanggung jawaban dari pemimpin dari perusahaan dan lembaga di kinerjanya.

Selesai sudah pembahasan kali ini semoga dibuatnya artikel ini bisa membantu kalian dan terima kasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya: