Perusahaan Jasa

Posted on

Perusahaan Jasa – Halo pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.majalahpendidikan.com yang dimana kali ini kami akan membahas tentang Perusahaan Jasa yuk simak selengkapnya dengan uraian dibawah ini.

Perusahaan Jasa

Pada zaman yang sekarang serba canggih ini, kita telah dipermudah dengan adanya bermacam-macam aplikasi dari sebuah perusahaan jasa.

Contohnya saja ojol. Siapa yang tidak tau tentang ojol? Yak, ojol ataupun ojek online ini pula sudah termasuk pada perusahaan jasa pada bentuk jasa loh sobat.

Nah, agar kita mengentahui penjelasanya maka simaklah sampai akhir ya sobat!

Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan Jasa yakni suatu perusahaan yang bisa menawarkan dan juga menjual bermacam-macam produk pada wujud sebuah pelayanan jasa.

Contohnya saja seseorang yang akan mendirikan suatu usaha agar memproduksi suatu produk yang tertentu lalu dijual pada konsumen agar mendapatkan sebuah keuntungan. Hal itu juga berlaku pada usaha jasa.

Perusahaan jasa lebih sering dipanggil sebagai sebuah perusahaan dari penyedia layanan jasa yang dapat menawarkan jasa ataupun keahlian khusus atau tertentu yang nantinya berguna bagi konsumen.

Contoh dari sebuah perusahaan jasa yang dianataranya yakni:  jasa travel, penjualan tiket, akupuntur, laundry, keuangan, ojol, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Jasa

Sama dengan halnya jenis usaha lainnya, badan penyedia suatu jasa pula memiliki kelebihan serta kekurangan yang ada di dalamnya. Berikut ini yakni beberapa kelebihan serta kekurangan dari sebuah badan usaha jasa yakni sebagai berikut:

1. Kelebihan Usaha Jasa

  • Dengan bisnis yang menyediakan sebuah jasa, maka tak memerlukan sebuah tempat untuk display suatu produk sehingganya di dalam hal sewa suatu tempat usaha pasti menjadi hemat.
  • Tak membutuhkan suatu tempat untuk penyimpanan sebuah barang di gudang.
  • Pada badan usaha jasa yang tertentu tak memerlukan banyak sekali karyawan sehingganya akan menghemat suatu pengeluaran gaji karyawan.

2. Kekurangan Usaha Jasa

  • Strategi promosi itu memerlukan testimoni dari pelanggan sebanyak-banyaknya disebabkan tidak ada sebuah produk yang bisa dipakai untuk malakukan demo.
  • Walaupun ada komplain, tetapi pada badan usaha jasa tak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli atau diretur.

Karakteristik

Berdasarkan dari beberapa pengertian yang ada di atas, bisa kita ketahui bahwa sanya badan usaha sebuah jasa mempunyai ciri ataupun karakteristik seperti yang ada di bawah ini:

1. Kegiatan Utamanya adalah Menjual Jasa

Sesuai dari pengertiannya suatu perusahaan itu sendiri, yang dimana usaha jasa pasti menyediakan suatu produk berupa jasa yang sangat dibutuhkan pihak konsumen.

2. Tidak Menyediakan Produk dalam Bentuk Fisik

Badan usaha sebuah jasa tak menyediakan suatu produk yang mempunyai bentuk fisik atau tidak dapat dipegang tapi kita dapat merasakan dari manfaatnya.

3. Dapat Membutuhkan ataupun Tidak Membutuhkan Barang Berwujud

Tergantung dari jenis usaha yang sudah dibangun, hal itu bisa menentukan perusahaan itu membutuhkan ataupun tidak barang yang bentuknya berwujud.

Contohnya: pada bisnis jasa travel, sudah tentu kalian itu memerlukan armada untuk konsumen yang pada nantinya itu memesan sebuah jasa travel.

Tapi , berbeda dengan halnya apabila sebuah perusahaan itu merupakan sebuah jasa keuangan maka tak akan membutuhkan sebuah produk nyatanya.

4. Produk Jasa Tidak Bisa Sama Persis Antar Konsumen

Berbeda dari perusahaan yang pada umumnya. Badan usaha jasa yang satu ini mmepunyai hasil yang di mana hasil itu nantinya akan segera diterima oleh semua konsumen dapat menjjadi berbeda dari hasil yang akan diterima konsumen lainnya.

Contohnya yakni: kualitas jasa ataupun keahlian yang sudah diberikan oleh si pemberi jasa yang juga berbeda, maka memberikan sebuah hasil yang berbeda juga.

Bukti Transaksi Perusahaan Jasa

Bukti transaksi dari sebuah perusahaan jasa itu dibagi dua macam, yakni bukti eksternal serta bukti internal. 

Bukti eksternal yakni bukti transaksi diantara perusahaan dan pihak luar dari perusahaan.

Sementara bukti internal yakni bukti yang digunakan untuk segala aktivitas transaksi pada area perusahaan.

Transaksi Eksternal

Berikut ini yakni bermacam-macam bukti transaksi eksternal iyalah sebagai beirkut:

Kwitansi

Sebagai bukti ataupun tanda bahwa sebuah perusahaan telah menerima ataupun membayar sejumlah duit.

Faktur

Pengertian faktur yang sendiri yakni sebagai bukti transaksi dari sejumlah penjualan ataupun pembelian dengan kredit atau tidak tunai.

Nota kredit

bukti transaksi yang digunakan untuk mengurangi sebuah nominal pada transaksi yang sebelumnya yang bersifat kredit.

Nota debit

Hampir sama dari nota kredit, tapi nota debit ini bisa dikeluarkan dari pihak pembeli.

Transaksi Internal

Yang selanjutnnya mengenai tentang bukti dari suatu transaksi yang internal dan inilah beberapa buktinya:

 Memo

Memo ini sejenis sebuah surat perintah yang asalnya dari atasan yang ditujukan kepada bawahan supaya melakukan sebuah aktivitas yang tertentu dan berhubungan keuangan.

Bukti kas masuk

Bukti yang sudah diterbitkan dari bagian keuangan sebagai sebuah bukti yang sudah terjadi adanya sebuah aliran kas yang telah masuk ke dalam perusahaan.

Bukti kas keluar

kebalikannya kas masuk, kas keluar yakni bukti yang diterbitkan oleh pada keuangan sebagai sebuah bukti sudah terjadi aliran kas keluar dari sebuah perusahaan.

Selesai sudah pembahasan kali ini semoga dibuatnya artikel ini bisa membantu kalian dan terima kasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya: