Teks Diskusi

Posted on

Teks Diskusi – Halo pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.majalahpendidikan.com yang dimana kali ini kami akan membahas soal Teks Diskusi yuk simak selengkapnya dengan uraian dibawah ini.

fungsi teks diskusi

Diskusi merupakan sebuah interaksi komunikasi diantara dua orang ataupun lebih atau kelompok. Biasanya komunikasi diantara kelompok ini berupa suatu ilmu ataupun pengetahuan dasar yang pada akhirnya akan memberikan suatu pemahaman yang benar dan baik. Diskusi dapat berupa bermacam-macam yang pada awalnya itu disebut dengan topik.

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi merupakan teks yang mendapatkan dua pendapat yang berbeda mengenai sebuah hal atau pro dan kontra dan mengakibatkan 2 belah pihak itu menjadi bicara soal masalah yang menjadi diskusi.

Salah satu dari manfaat berdiskusi yakni dapat memperluas suatu pengetahuan serta memperbanyak sebuah pengalaman. Diskusi merupakan salah satu dari kegiatan wicara. Diskusi merupakan pertukaran gagasan, pikiran, serta pendapat diantara dua orang ataupun lebih dengan lisan.

Jenis Teks Diskusi

Teks diskusi itu ada beberapa jenis, diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Seminar.
  • Diskusi panel
  • Simposium.
  • Kongres.
  • Sarasehan.
  • Muktamar.
  • Lokakarya.

Tujuan Teks Diskusi

Diskusi itu dilakukan yang tujuannya mencari kesepatakan ataupun kesepahaman gagasan atau pendapat. Diskusi yang dilaksanakan oleh beberapa orang itu disebut dengan diskusi kelompok.

Diskusi kelompok itu membutuhkan seseorang leader yang biasanya disebut dengan ketua diskusi. Tugas ketua diskusi merupakan membuka dan juga menutup diskusi, membangkitkan sebuah minat anggota agar menyampaikan suatu gagasan, menengahi anggota yang sedang berdebat, serta menyimpulkan hasil dari diskusi.

Struktur Teks Diskusi

Ada 4 struktur yang bisa menyusun teks diskusi sampai menjadi utuh. Struktur itu yakni sebagai berikut:

  1. Isu, itu isinya masalah yang didiskusikan untuk lebih lanjut.
  2. Argumen mendukung; isinya argumen-argumen yang mendukung suatu hal yang menjadi sebuah pokok masalah saat diskusi.
  3. Argumen menentang; isinya argumen-argumen yang menentang si argumen yang pendukung.
  4. Kesimpulan; isisnya kesimpulan serta rekomendasi soal isu yang ingin dibahas. Baiknya yang mengambil jalan tengah soal sebuah yang didiskusikan.

Unsur atau Kaidah Kebahasaan

1. Penggunaan Konjungsi Perlawanan

Konjungsi perlawanan memakai kata hubung seperti tetapi, namun, sedangkan, sebaliknya, dan lain sebagainya.

2. Penggunaan Kohesi Leksikal dan juga Kohesi Gramatikal

  • Kohesi leksikal yakni kepaduan yang ingin dicapai melalui suatu pemilihan kata.
  • Kohesi gramatikal yakni kepaduan yang ingin dicapai dengan memakai elemen serta aturan gramatikal.

3. Penggunaan Modalitas

Modalitas merupakan kata yang memakai makna kemungkinan, kenyataan, serta lain sebagainya yang itu dinyatakan didalam kalimat. Biasanya itu dinyatakan dengan menggunakan kata-kata contohnya harus, ingin, akan, mungkin, dan lain sebagainya.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang Teks Diskusi emoga dibuatnya artikel ini bisa membantu kalian dan terima kasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya: